Kominfo RI Akan Tinjau Langsung Lokasi Penambahan BTS Spot di Muna Barat

Sultralink.Com, La woro -Kominfo RI akan turun langsung dilapangan untuk memastikan lokasi penambahan BTS di Muna Barat, atas Permintaan pemda Muna Barat.

Sebelumnya, Pj Bupati Muna Barat, Bahri telah menemui Direktur Telekomunikasi, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Aju Widyasari guna menyerahkan permohonan pembangunan tower atau menara BTS di Bumi Praja Laworoku.

Untuk itu, pihaknya mengusulkan lima desa prioritas untuk pembangunan BTS, yaitu Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Kusambi, Desa Lombu Jaya, Kecamatan Sawerigadi, Desa Waulai, Kecamatan Barangka, Desa Lagadi, Kecamatan Lawa, dan Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah.

“Kami serahkan sepenuhnya ke Kominfo RI, tetapi harapannya Muna Barat mendapatkan kuota pembangunan BTS,” beber Bahri beberapa waktu lalu.

Dalam pembangunan BTS itu, ia siap melakukan sinergi pendanaan dengan menyiapkan lahan atau langganan Very Small Aperture Terminal (VSAT) melalui APBD, ini juga bagian dari mendukung program nasional dalam percepatan pembangunan program 3434 non 3T.

Untuk diketahui, program 3435 non 3T ini adalah program penuntasan desa blank spot 4G di 3435 desa/kelurahan di wilayah 3T di Indonesia. Ini juga menjadi salah satu fokus kegiatan Direktorat Telekomunikasi sebagai komitmen pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Harus di lakukan survei terlebih dahulu karena karena dari 47 Kabupaten kota yang masuk kategori p3 hanya 44 Kabupaten kota yang dianggap memenuhi syarat, salah satunya Kabupaten Muna Barat.

Jadi usulan yang dilakukan beberapa waktu lalu, telah ditindaklanjuti oleh pihak Kominfo RI, yang mana Kominfo RI akan meninjau lapangan di Muna Barat pada Oktober 2023 mendatang

” Sehingga hasil survei nanti akan diumumkan pada akhir Oktober 2023,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Muna Barat, Alrahman, Senin (4/9/2023).

Perlu di ketahui bahwa usulan penambahan pembangunan Base Tranasceiver Station ( BTS) ke kominfo RI telah di lakukan pada juli 2023 lalu, atas keluhan masyarakat terhadap jaringan seluler di Muna Barat yang belum memadai di beberapa titik Muna Barat.

Penulis : Redaksi