Pemda Mubar Lakukan MOU Bersama PT.PLN UP3 Bau – Bau, Ini Tujuannya

Sultralink. Com, Laworo -Pemerintah Daerah Muna Barat melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PT.PLN (Persero) UP3 Bau – Bau terkait pengelolaan Barang dan Jasa Tertentu(PBJT) dan atas tenaga listrik dan pemungutan serta penyetoran Barang dan Jasa Tertentu(PBJT) atas tenaga listrik antara pemkab Muna Barat dengan pihak PT. PLN UP3 Bau – Bau

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Pj. Bupati Muna Barat, La Ode Butolo dan manager PT.PLN (Persero) UP3 Bau – Bau Bagas Cahyadi serta kepala UPL Raha, Dambarudin yang berlangsung di ruang Aulah kantor Bupati Mubar, selasa(4/6/2024).

Pejabat Bupati(PJ) Mubar, dalam sambutangnya mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan amanah peraturan perundang – undangan dalam hal peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 28 tahun 2018 tentang kerja sama Daerah. Serta peraturan menteri dalam Negeri nomor 22 tahun 2020 tentang tatacara kerja sama Daerah dengan Daerah lain dan kerja sama Daerah dengan pihak ketiga.

“Atas nama pemerintah kabupaten Mubar mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada pihak PT. PLN UP3 Bau – Bau yang bersedia menjalin kerja sama. Hal ini dilaksanakan dalam bingkai percepatan pembangunan dan pelayanan kepada Daerah dan masyarakat Mubar”, bebernya.

Tujuan dari pada kersa sama tersebut diantaranya, untuk menjamin kelancaran penerimaan pendapatan asli Daerah Kabupaten Mubar dari PBJT atas tenaga listrik, menjamin kelancaran pelunasan rekening listrik dan melakukan pengawasan dan penertiban penerangan jalan Umum yang tidak resmi serta meningkatkan akurasi dan efisiensi perhitungan pemakaian energi listrik, penerangan jalan Umum sehingga PJU lebih maksimal, ungkapnya.

“Jika PJU maksimal maka kegiatan masyarakat khususnya pada sektor ekonomi dapat ditingkatkan, selain itu juga dapat meningkatkan angkat kriminalitas di malam hari, bagi pembangunan di Kabupaten Mubar”, cetusnya.

Pemerintah kabupaten Mubar menyambut baik kerjasama ini, karena hal ini menjadi momentum untuk kemajuan Daerah, dan kami juga siap memberikan dukungan penuh kepada PT. PLN(Persero) UP3 Bau – Bau dalam menjalankan setiap programnya kata mantan kadis PUPR Mubar itu.

Sementara itu, manager PT. PLN persero UP3 Bau – Bau Bagas Cahyadi menyampaikan, kesepakatan kerja sama ini merupakan sebagai landasan para pihak dalam melaksanakan kerjasama penyediaan layanan kelistrikan di Mubar, ungkapnya.

“Dengan tujuan perjanjian kerjasama ini, diantaranya untuk pengembangan penerangan jalan Umum(PJU) serta mekanisme update data survei titik lampu PJU di Mubar”, pungkasnya.

Laporan : Indra Kusdana