Pemkab Mubar Kembali Terima Opini WTP Ke-8 Kali dari BPK

Sultralink.com, Laworo – Pemerintah Kabupaten Muna Barat Sulawesi Tenggara, kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kedelapan kali secara berturut -turut selama dari tahun 2016 -2023 atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Diterima langsung oleh Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo dari Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sultra.

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakanz WTP ini ialah opini satu kabupaten sehingga semua tim terlibat. Keterlibatan tim itu dalam menjalankan saran dan masukan dari BPK sehingga mampu menghasilkan WTP.

 

“Jadi saya mengapresiasi kerja seluruh tim karena Muna Barat kembali raih predikat opini WTP,” Ungkapnya selasa(28/5/2024).

Capaian ini merupakan hasil kerja tim sehingga hasil itu bisa didapatkan karena WTP merupakan hak Preoregatif BPK dalam melakukan penilaian. Dalam penilaian itu, Pemda hanya menyajikan, mengantar ke lapangan, menyiapkan data, dan hasil akhirnya setelah dilakukan penilaian Muna Barat kembali raih WTP.

“Atas kerja tim itu, ia mengapresiasi seluruh OPD, perencana, bendahara dan seluruh stakeholder yang telah bekerjasama dalam mengantarkan Muna Barat kembali meraih WTP”, bebernya.

Perlu diketahui bahwa Muna Barat juga mendapat ranking pertama dari sembilan kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara atas kepatuhan menjalankan rekomendasi temuan dari BPK. Muna Barat berhasil meraih 87,04 persen, dimana dari 409 jumlah rekomendasi BPK dengan mampu menindaklanjuti rekomendasi sebanyak 356, pungkasnya.

Laporan : Indra Kusdana