Damkar Konut Resmi Buka Seleksi Penerimaan Taruna Pemadam Pemula, Ini Syaratnya

Curah Hujan Tinggi, Damkar Konut Tetap Siaga 1 Dalam Misi Penyelamatan
Djasmiddin

Sultralink.Com, Konawe Utara – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), buka penerimaan taruna pemadam pemula.

Kepala Dinas Damkar Konut, Djasmiddin mengungkapkan, proses penerimaan taruna pemadam pemula memiliki syarat antara lain;
1.Ijazah SMA atau S1.
2.Domisili di Konut dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Konut.
3.Tinggi badan 160 cm.
4. Terdaftar sebagai tenaga honor di lingkup Pemda Konut dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati minimal Tahun 2021 Sampai 2023, di dinas mana saja.

“Rencana kita buka pendaftaran mulai minggu ini sampai minggu depan,”kata Djasmiddin memberikan informasinya di ruang kerjanya, Kamis (16/11/2023).

Untuk kuota yang dibutuhkan, mantan Sekdis BPBD Konut ini mengungkapkan sebanyak 30 orang antara lain; untuk pemadam pemula tingkat SMA sebanyak 15 orang, dan untuk pemadam 1 atau S1 sebanyak 20 orang.

“Kalau untuk tahapan tesnya pertama, pendaftaran, kemudian seleksi berkas, tes tertulis, tes kesehatan dan jasmani serta wawancara,”ujarnya.

Diamenambahkan, tujuan penerimaan taruna pemadam pemula adalah dalam rangka memenuhi tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) di Dinas Damkar Konut, serta mempersiapkan SDM karena akan adanya tambahan unit pemadam kebakaran.

“Kita terus memaksimalkan tugas kita sebagai tim Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, sehingga mulai dari SDM nya sampai dengan fasilitas sarana dan prasarana nya kita optimalkan,”tutupnya.

Laporan: Redaksi