KPU Kota Kendari Gelar Rakor Badan Adhoc

Sultralink.Com, Kendari – Wujudkan Pemilihan berintegritas tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, menggelar rapat koordinasi penyelenggaraan Pemilu Badan Adhoc, di salah satu hotel Kendari.

Plh ketua KPU Kota Kendari, La Ode Hermanto menjelaskan, kegiatan ini untuk menyamakan persepsi antara penyelenggara Adhoc PPK, PPS, Panwascam, dan PPKD.

“Bagaimana kita di Kota Kendari ini membangun solidaritas antara penyelenggara,” ujarnya saat diwawancarai awal media.

Kolaborasi yang dimaksud ini terjalin dengan mendudukkan bersama PKPU ataupun Perbawaslu lalu menjalankan masing-masing tugas kita sesuai dengan tupoksinya.

Sedang untuk penyelenggaraan di tingkat kecamatan, berperan penting untuk mengarahkan penyelenggara tingkat kelurahan.

“Makanya malam ini kita adakan kegiatan dan mengundang bawaslu, Panwascam dan PPS untuk memberikan pemahaman tentang regulasi. Ada hal-hal yang sulit untuk dilakukan, sehingga dibutuhkan koordinasi dan dibicarakan bersama,” sambungnya.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan, agar tidak ada tumpang tindih pemahaman. Maka setiap pelaksanaan tahapan pemilihan Umum selayaknya untuk selalu dikoordinasikan.

“Artinya, fungsi koordinasi, kerjasama, untuk melaksanakan tugas masing-masing sehingga tidak tumpang tindih pemahaman,” bebernya.

Sementara, ketua Bawaslu Sultra mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kota Kendari.

Ketua Bawaslu Sultra, Iwan Rompo mengatakan, integritas pelaksanaan pemilihan umum adalah seuatu yang harus dilakukan. Integritas pelaksanaan pemilihan umum tidak bisa ditawar, memang harus terpatri didada setiap penyelenggara pemilu,” tegasnya.

“Kegiatan yang bersifat positif ini perlu untuk dilakukan akan terjalin koordinasi yang baik antara penyelenggara. Ini diselenggarakan ditahapan awal mempertemukan Panwascam dan PPK, ini tentu kegiatan yang positif,” tutupnya.

Laporan; Redaksi