Cegah Narkoba, Maba UMK Tahun 2023 Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Petugas Klinik PKU Utama Muhammadiyah Kendari, Bayanuddin Anas

Sultralink.com, Kendari – Universitas Muhammadiyah Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Pemeriksaan Kesehatan (Pemkes) bagi calon Mahasiswa Baru (Maba), Rabu (13/9/2023). Pemkes di Gelar di Klinik Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Muhammadiyah, Wua-wua Kota Kendari.

Petugas Klinik PKU Utama Muhammadiyah Kendari, Bayanuddin Anas menerangkan Pemkes yang menjadi indikator utama yaitu tes urin untuk memastikan tidak adanya indikasi penggunaan narkoba. Sebab hal tersebut merupakan langkah awal yang lakukan pihak UMK agar para mahasiswa bebas dari obat-obatan terlarang.

“Untuk tenaga kesehatan, kita sudah punya dokter internal kelinik, kita sudah punya dokter umum 5 dan dokter spesialis sebanyak 2 orang,”terang Bayanuddin Anas, Rabu (13/9/2023) pagi.

Lebih lanjut Bayanuddin Anas mengatakan Pemkes yang dilaksanakan merupakan bagian dari program yang selenggarakan pihak UMK bekerjasama dengan klinik utama PKU Muhammadiyah Kendari.

“Tes kesehatan yang dilakukan hari ini, itu bekerjasama klinik utama PKU Muhammadiyah Kendari dengan Kampus Muhammadiyah Kendari untuk melakukan kesehatan mahasiswa baru tahun 2023,” Kata Bayanuddin Anas.

Ia juga mengungkapkan program Pemkes ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan pihak Kampus Tahun 2023 pada para Maba. Hal ini merupakan terobosan baru yang lakukan pihak kampus Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Sultra.

“Ini merupakan pemeriksaan kesehatan Maba yang pertama yang dilakukan selama ini, kebetulan saat ini kami di pengurus wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tenggara sudah memiliki klinik yang baru saja berdiri beberapa bulan lalu, sehingga kita bisa bersinergi melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Maba UMK tahun 2023 ini,”ungkapnya.

Diketahui Pemkes yang dilakukan tidak ada pungutan biaya. Dan bagi Maba yang ingin melakukan tes kesehatan cukup membawa slip pembayaran pendaftaran, kemudian mengisi data diri yang telah disediakan panitia.

Laporan : Redaksi