Berikut Tugas Dan Wewenang Kabag Binkar Polda Sultra di Tangan AKBP Achmad Fathul Ullum

SultraLink.com,Kendari – Mantan Kapolres Konawe Utara (Konut) AKBP Achmad Fathul Ullum, mendapat tugas baru di Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (9/1/2023).

Jabatan baru yang di berikan kepada mantan Kapolres Konut itu adalah Kepala Bagian (Kabag) Pembinaan Karier (Binkar) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kabag Binkar Polda Sultra, AKBP Achmad Fathul Ullum mengatakan tugas utama Kabag Binkar itu membina dan melaksanakan manajemen pembinaan karier personel anggota kepolisian.

“Pertama masalah pembinaan personel kemudian terkait masalah bak kompoten dan masalah terkait Assesment Center serta kenaikan pangkat personel,”Ujar Fathul saat diwawancara di ruanganya, Senin (9/1/2023).

Tambahnya,Intinya fungsi tersebut sloganya itu melayani personel Polda Sultra, baik personel yang ada di Polda maupun di Polres jajaran kita hanya sifatnya melayani yang naik pangkat, pembinaan karier, mutasi jabatan, dan segala macam.

Berikut tugas Kabag Binkar Polda Sultra, AKBP Achmad Fathul Ullum:

1.Pembinaan karier personel proses Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) untuk anggota Polri dan Ujian Dinas Kenaikan Pangkat (UDKP) untuk PNS Polri, serta penyumpahan pangkat PAG.

2.Pelaksanaan mutasi, pengangkatan, dan pemberhentian dalam jabatan.

3.Pembinaan dan pengembangan kompetensi personel.

4.Pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi kegiatan pembinaan personel.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Bag Binkar dibantu oleh :

1. Subbagian Kepangkatan (Subbagpangkat), yang bertugas menyelenggarakan UKP bagi pegawai negeri pada polri serta penyumpahan pangkat PAG.

2. Subbagian Mutasi dan Jabatan (Subbagmutjab), yang bertugas asesmen, mutasi, pengangkatan dan pemberhentian
dalam jabatan serta pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi kegiatan pembinaan personel.

3. Subbagkompeten bertugas menyelenggarakan penilaian kompetensi pegawai negeri pada polri.

Itulah beberapa tugas baru yang akan di jalankan AKBP Achmad Fathul Ullum sebagai Kabag Binkar Polda Sultra.

Laporan : Krismawan