Bakal Calon Bupati, Darwin Berkunjung Kesetiap Kebun Milik Warga di Muna Barat

Sultralink.Com,Mubar – Bakal Calon Bupati Muna Barat (Mubar) La Ode Darwin mengunjungi kebun warga yang ada di Kelurahan Waumere, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Sabtu (4/11/2023).

Pada kunjungannya ini, Darwin didampingi istrinya, Rhika Purwaningsih Darwin. Keduanya berboncengan menggunakan sepeda motor jenis Trail.

Bakal Calon Bupati Mubar Darwin mengaku, senang dan bersemangat ketika mendapat undangan dari para petani. Sebab, dirinya bisa berdiskusi mendengarkan aspirasi dan masalah yang dihadapi petani selama ini.
Secara umum, ada beberapa hal yang dikeluhkan petani. Adalah buruknya akses jalan tani.

Kemudian, kurangnya bantuan pupuk dan bibit unggul. Terakhir, mereka kesulitan memasarkan hasil pertanian dengan harga yang layak.

“Ternyata apa yang menjadi masalah dan keluahan para petani ini sudah masuk dalam program unggulan saya di sektor pertanian. Program ini sudah saya paparkan secara detail setiap kali acara silaturahmi atau temu warga selama ini di Muna Barat,” ujar Darwin, Selasa (7/11/2023).

Meski demikian, ia mengaku, berterima kasih kepada para petani yang sudah menyampaikan aspirasi dan keluahannya.
Selain itu, sambung Darwin, jika dirinya terpilih sebagai Bupati Muna Barat maka akan mendorong proses pertanian modern.

“Ke depan, kita akan menggunakan teknologi modern. Masyarakat tidak lagi membuka lahan secara tradisional menggunakan pakai kampak, pacul, tembilang, dan parang; tapi kita akan bantu pakai alat modern,” katanya.

Sementara pemasaran hasil pertanian, petani akan dibantu pemerintah, agar dijual dengan harga yang layak dan mendapatkan hasil maksimal.

“Kita akan melakukan pendampingan mulai dari pembukaan lahan hingga penjualan hasil panen,” ujar pria 38 tahun ini.

Darwin menambahkan, nantinya pemerintah juga akan membantu masyarakat dengan bibit unggul dan pupuk. Bahkan, saat ini saja dirinya sudah menjalankan hal itu.

“Selama ini, kalau ada masyarakat yang mengeluhkan pupuk maka kita. Bibit unggul juga begitu. Jadi, nanti masyarakat hanya berkebun saja. Mulai dari pembukaan lahan hingga pemasarannya akan dibantu pemerintah,” tambahnya.

Dawin menuturkan, akses Jalan menuju kebun harus dipermudah. Sehingga, ke depan tidak ada lagi petani yang memikul hasil pertainnya.

“Jalan-jalan produksi kita harus bagus. Sehingga, ke depan kendaraan pengangkut hasil pertanian bisa langsung ke kebun. Dengan begitu, tidak ada lagi petani yang memikul hasil kebunnya,” tuntas pria 38 tahun ini.

Selain berkunjung ke kebun masyarakat, Darwin juga masih terus memaksimalkan silaturahmi atau temu warga pada Jumat (3/11/2023) dan Minggu (5/11/2023).

Selama 2 hari, yakni Jumat dan Senin , Darwin mengunjungi empat titik pertemuan yang terdiri dari lima desa yakni Desa Latompe, Kecamatan Lawa, Desa Kasakamu, Kecamatan Kusambi, Desa Maperaha, Kecamatan Sawerigadi, serta Desa Wakontu dan Lakanaha Kecamatan Wadaga.

Dalam pertemuan tersebut, rata-rata yang hadir setiap titiknya lebi dari 500 orang.
Ada pula kegiatan zumba party dan senam jantung sehat khusus mak-mak, yang digelar di Pelabuhan Tondasi Muna Barat pada Sabtu 4 November 2023. Sekitar 1.500 orang hadir dalam kegiatan yang dimotori istri La Ode Darwin, Rhika Purwaningsih Darwin. Zumba party dan senam jantung sehat ini menjadi kegiatan rutin setiap pekan. Dapaun tempatnya digir di setiap Desa.

Laporan: Krismawan