Turun 7,9 Persen, Konut Urutan Ke 2 Terendah Stunting, Mendagri Doakan Bupati Konut: Bapak Diberkati Dan Pahalanya Berlimpah

Foto bersama Mendagri dan Bupati Konut usai menggelar rapat koordinasi di Provinsi Sultra

Sultralink.Com, Konawe Utara – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian, mendoakan Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin agar selalu di berkati dan peroleh pahala berlimpah dari sang pencipta.

Ucapan doa disampaikan mantan Kapolri ini dihadapan seluruh pejabat tinggi Pemerintah Daerah dan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) saat menggelar kunjungan kerja soal capaian penanganan stunting pada Jumat (27/10/2023) bertempat di Aula Kantor Gubernur Sultra.

Bupati Konut, Ruksamin yang dihadiri diacara itu peroleh doa dari Mendagri atas capaian dan keberhasilannya menurunkan secara bertahap stunting di Kabupaten Konut hingga mencapai 7,9 persen.

Konawe Utara bahkan menjadi satu-satunya daerah yang berhasil secara maksimal menurunkan stunting berdasarkan data Pemerintah Pusat, dan saat ini berada di posisi ke 2 se-Sultra terendah jumlah stunting.

“Bapak (Ruksamin red..) di berkati. Bapak bupati Konawe Utara diberkahi Allah SWT. Ini kelihatan angkanya sangat jelas. Tia satu manusia yang kita selamatkan itu sangat berarti berarti, apalagi ini angkanya sampai 7,9 persen diselamatkan. Kita doakan di hari Jumat yang baik ini, pahalanya bertambah,” ungkap Mendagri, Tito Karnavian disambut tepuk tangan meriah dari para peserta.

Diinformasikan, kunker mendagri dalam rangka mengadakan rapat koordinasi bersama Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, para bupati dan wali kota, serta penyelenggara Pemilu se-Provinsi Sultra.

Mendagri mengatakan, rapat tersebut dalam rangka memantapkan delapan arahan Presiden Joko Widodo saat Rakornas kepala daerah/Forkopimda se-Indonesia, sebagai berikut:

1.Pengendalian inflasi;
2.Menurunkan angka kemiskinan ekstrem;
3.Mengakselerasi penurunan angka stunting;
4.Keempat, memperhatikan iklim investasi;
5.Memastikan belanja APBD pada produk-produk buatan dalam negeri;
6.Pemerintah kabupaten/kota harus mulai mendesain wilayahnya dengan baik, sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah;
7.Kepala daerah harus menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024;
8.Menjamin kebebasan beragama.

Dalam kegiatan itu juga, Mendagri memberikan apresiasi kepada sejumlah daerah di Sultra atas komitmen menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Selain itu, Mendagri memberikan pujian khusus kepada Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin, atas kinerjanya dalam mengatasi stunting di wilayahnya.

Kata Mendagri, berkat kerja keras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut, dibawa komando Ruksamin, angka stunting berhasil ditekan, turun hingga 7,9 persen atau terbaik kedua di Provinsi Sultra.**

Laporan: Redaksi