Tim Penggerak PKK Sultra Serahkan Bantuan Kepada Anak Gizi Buruk di Soropia

SultraLink.com,Konsel – Sebanyak 33 anak terindikasi gizi buruk mendapatkan bantuan pangan Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tenggara bersama jajarannya di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua TP PKK Sultra Nur Endang Abbas, mengatakan, kegiatan Ini merupakan kegiatan kita yang pertama di tahun 2023 ini. Sebelumnya, kami rutin melakukan upaya sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya makanan bergizi bagi anak-anak. Pemberian bantuan ini merupakan bentuk intervensi kita pada kasus-kasus gizi buruk di Sultra.

“Penyerahan bantuan kami laksanakan di Kantor Desa Sorue, dan dihadiri Camat Soropia dan jajarannya, beserta para kepala desa/kelurahan lingkup Kecamatan Soropia. Anak-anak penderita gizi buruk tersebut berasal dari berbagai desa di kecamatan tersebut,”Ujar Endang, Minggu (8/1/2023).

Endang menjelaskan, ada hal yang ironis terkait tingginya kasus gizi buruk di Kecamatan Soropia dikarenakan penduduk Soropia kebanyakan adalah nelayan. Hasil tangakapan mereka itu semuanya dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Karena persoalan ekonomi, ikan tangkapan mereka tidak dikonsumsi oleh anggota keluarga. Ikan-ikan itu dijual, dan anak-anaknya diberi makan seperti mi instan,” jelas mantan Sekda Sultra ini.

Oleh karena itu, kata dia, TP PKK Sultra terus berupaya melakukan intervensi di lapangan dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan terkait dalam rangka memerangi gizi buruk dan stunting.

Pemberian bantuan pangan bagi anak-anak gizi buruk ini merupakan langkah darurat agar anak-anak ini bisa mendapatkan asupan gizi dengan segera untuk mengembalikan kondisi tubuh mereka.(b)

Laporan : K15