Namanya Diusulkan Sebagai Pj Gubernur Sultra, Ini Tanggapan Rektor UHO

Namanya Diusulkan Sebagai Pj Gubernur Sultra, Ini Tanggapan Rektor UHO
Prof Muhammad Zamrun Firihu

Sultralink.com, Kendari – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu diusulkan oleh DPRD menjadi salah satu calon Pejabat (Pj) Gubernur Sultra.

Menanggapi hal tersebut, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengungkapkan, terimakasih kasih kepada DPRD Provinsi Sultra telah mengusulkan namanya sebagai Calon PJ Gubernur. Menurutnya hal tersebut suatu kehormatan dan penghargaan bagi dirinya.

“Pada dasarnya saya mengucapkan terimakasih sudah di usulkanmya nama saya sebagai salah satu calon PJ Gubernur usulan DPRD Provinsi Sultra karena ini juga penghargaan buat saya mudah-mudahan dapat berjalan sesuai dengan regulasi dan peraturan yang ada,” kata prof Zamrun saat di temui di rektorat Universitas Haluoleo Kendari, Rabu (2/8/2023)

Sementara itu terkait adanya pengusulan namanya sebagai calon PJ Gubernur Sultra, dirinya tidak mengetahuinya. Akan tetapi dirinya siap menjalankan amanah tersebut.

“Awalnya saya mengetahui dengan adanya cerita-cerita dari teman dewan membicarakan ini. Kalau saya umpannya memenuhi syarat dan itu bisa diusulkan atau dapat dipercaya oleh anggota dewan ya saya siap-siap aja,” ungkapnya.

Selain itu juga ia menuturkan terkait persiapan khusus usai di usulkan sebagai calon PJ Gubernur dirinya belum mempersiapkan.

Namun alumnus Jepang itu akan mengikuti sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kan prosesnya ada dan didalam aturan itu sudah jelas bagaimana prosesnya. Saya serahkan saja kepada pihak yang dipercaya oleh pemerintah melalui peraturan perundang-undangan untuk memproses semua ini sampai dengan keluarnya surat penetapan sebagai PJ,” tambahnya.

Untuk diketahui, Dewan perwakilan rakyat Daerah (DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara menetapkan tiga calon pejabat (Pj) Gubernur Sultra yang diusulkan ke kementrian dalam negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) DPRD

Tiga nama yakni, Prof Muhammad Zamrun Firihu selaku Rektor UHO, mantan Kapolda Sultra Komjen Pol Andap Budhi Revianto yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementrian Hukum dan HAM RI serta Sekretaris daerah (Sekda) provinsi Sultra Asrun Lio.

Laporan: Indra Kusdana