Kolaborasi Kerja Prokopim dan Bagian Umum Konut Berhasil, Bimtek Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk ASN Sukses Berjalan

Sultralink.Com, Konawe Utara – Tim Prokopim dan Bagian Umum Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), kompak bekerja sukseskan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Pemanfaatan Teknologi Untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) Konut.

Kesuksesan acara yang berlangsung pada 16 Mei 2024 lalu itu, tak lepas dari peran aktif tim Prokopim dan Umum. Dua instansi ini dipimpin langsung Kabag Prokopim, Sutriawan dan Kabag Umum, Ery Husainy.

Koordinasi dan Komunikasi yang dibangun tim Prokopim dan Umum ini sukses melancarkan kegiatan acara hingga usai. Tujuannya, mendorong sumber daya manusia (SDM) dibidang pengembangan pengetahuan teknologi.

“Kami mengedepankan komitmen dalam bekerja untuk kemajuan daerah kita dan aparatur sipil negara,”kata Kabag Prokopim Konut, Sutriawan.

“Komunikasi dan kerjasama merupakan hal terpenting. Sehingga kegiatan yang berlangsung bisa sukses. Intinya kami terus membangun kerjasama yang baik,”tambah Kabag Umum Konut, Ery Husainy.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Konut), sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Teknologi Informasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Acara ini resmi dibuka oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Rahmatullah, yang mewakili Bupati Konut, Ruksamin. Acara yang berlangsung di Hotel Fortune Kendari pada Kamis, 16 Mei 2024 lalu.

Pelaksanaan Bimtek ini didasarkan pada Peraturan Menteri Kominfo Nomor 22/PER/M.KOMINFO/6/2010 dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.

Tujuan utama dari Bimtek ini adalah meningkatkan kapasitas ASN, khususnya dalam penyelenggaraan Layanan Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Selain itu, Bimtek juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN dalam penguasaan teknologi informasi sebagai langkah percepatan terwujudnya SMART ASN, yang menjadi prioritas utama dalam mendukung keberhasilan reformasi birokrasi.

Lebih jauh, Bimtek ini diharapkan menjadi wahana yang mempermudah pelaksanaan tugas ASN untuk mencapai penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan peningkatan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Dalam sambutannya, Rahmatullah menegaskan pentingnya teknologi dalam mempermudah aktivitas sehari-hari, termasuk dalam roda pemerintahan.

“Teknologi digital telah membawa perubahan signifikan terhadap penyelenggaraan negara yang lebih transparan, serta mempermudah penyelesaian tugas aparatur dan peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa penyelenggaraan Bimtek ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas SDM aparatur dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Hal ini diharapkan dapat mendukung peningkatan penyelenggaraan layanan pemerintah berbasis elektronik sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang lebih baik, transparan, efektif, dan efisien, serta memberikan kemudahan aksesibilitas data dan informasi.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk benar-benar serius dalam mengikuti Bimtek ini sehingga tujuan sosialisasi ini dapat kita rasakan bersama,” tutup Rahmatullah.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Konut serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Konut.

Diketahui Bimtek ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 16 hingga 17 Mei 2024.***Adventorial

Laporan: Indra Kusdana