Kadis Tanaman Pangan Konut Ungkap Akan Terus Maksimalkan Alokasi Anggaran Untuk Kelompok Tani

Kadis Tanaman Pangan Konut Ungkap Akan Terus Maksimalkan Alokasi Anggaran Untuk Kelompok Tani
Ir. Sadeli

SultraLink.com, Konawe Utara – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sadeli mengungkapkan, akan terus memaksimalkan alokasi anggaran untuk pengembangan usaha para kelompok tani di wilayah itu.

Sadeli mengatakan, pemerintah melalui pengawalan langsung Bupati dan Wakil Bupati Konut, Ruksamin-Abu Haera terus mendorong kemajuan dan keberhasilan program daerah yang bersentuhan langsung di masyarakat, salah satu pemberdayaan para kelompok-kelompok tani.

“Kedepan Pemerintah Konawe Utara terus maksimalkan anggaran untuk pengadaan bantuan buat para petani kita seperti, pupuk, bibit dan alat operasional pendukung dalam beraktivitas,”kata Sadeli melalui via telefon, Kamis (1/6/2023).

Dijelaskan, pemerintah akan terus berada digaris depan untuk kesejahteraan masyarakat terutama para petani-petani yang bergerak diberbagai bidang.

Hal itu, kata dia (Sedeli Red) juga sebagai bentuk gerakan pemerintah bersama masyarakat untuk menekan dan mencegah Kemiskinan ekstrim, Inflasi, Dan Stunting (KIS).

“Pemberian bantuan itu kita utama kepada sasaran kelompok-kelompok tani,”ujarnya.

Diamenambahkan, usaha kelompok-kelompok tani di Bumi Oheo itu mengalami kemajuan yang baik. Hal itu juga kata dia, tergantung dari keseriusan, kemauan dan usaha masyarakat mengembangkan usahanya.

Seperti, di Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, dimana para petani bawang merah telah sukses melakukan panen raya dengan hasil buah yang baik, hingga penjualan yang mencapai ratusan juta rupiah secara keseluruhan.

“Setelah bapak bupati dan bapak wakil bupati hadiri panen raya bawang merah kemarin di Tetewatu, itu langsung disampaikan bahwa tanggal 18 nanti pada saat pengukuhan rumpun endrekan akan di berikan bantuan 1 unit jonder kepada petani yang akan di gunakan secara bersama-sama untuk kembangkan lagi usahanya,”tutupnya.*(IS)

Laporan: Jefri