Bupati Dan Wabub Konut Panen Raya Bawang Merah, Langkah Mencegah KIS

Bupati dan Wakil Bupati Konut bersama jajarannya saat lakukan panen raya bawah merah di Tetewatu

SultraLink.com, Konawe Utara-Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin Bersama Wakil Bupati Konut, Abu Haera lakukan panen raya bawang merah bertempat di Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Rabu (31/5/2023).

Panen raya juga dihadiri para pejabat Pemda Konut mulai para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan Kepala Bagian lingkup Pemda Konut, Ketua PKK Konut serta Camat Wiwirano, Camat Landawe, Camat Langgikima beserta Lurah/Desa se-Kecamatan Wiwirano.

Bawang merah yang dipanen merupakan hasil cocok tanam para petani yang berhasil mengembangkan usaha tanaman komoditas bawang merah di diwilayah tersebut.

Dari informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Konut, Sedeli menyampaikan, bahwa panen raya telah berlangsung secara bertahap.

Di Tetewatu Kata Sadeli, para petani melakukan pengembangan bawang merah di lahan seluas 1 hektar.

Jika dirincikan, biyaya produksi tanam dengan luasan 1 hektar memakan biyaya sekitar Rp 115 juta dengan masa tanam selama 2 bulan.

Sedangkan untuk hasilnya, jika dikalikan dari hasil produksi seluas 1 hektar dengan jumlah panen sebanyak 12 ton, di kali harga bawang Rp 35 ribu perkilo, total penjualannya secara keseluruhan Rp 400 juta.

“Panen kemarin yang di lakukan oleh bapak bupati dan bapak wakil bupati seluas 10 are, harga penjualannya sekitar Rp 30 juta, ini selama 2 bulan masa tanam,”ungkap Sadeli dikonfirmasi, Kamis (1/6/2023).

Untuk di ketahui, komoditas bawang merah telah berhasil di kembangkan oleh para petani, yang mana komoditas ini merupakan salah satu komoditas yang berperan penting dalam menekan Kemiskinan ekstrim, Inflasi Dan Stunting (KIS).

Sebagai pimpinan daerah, Bupati Komut Ruksamin mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para petani, khususnya petani bawang merah yang berada di Desa Tetewatu Kecamatan Wiwirano atas kerja keras dan ketekunan dalam mengembangkan komoditas tersebut.

”Komoditas bawang merah adalah salah satu andalan saat ini di pasar seluruh wilayah Indonesia. Komoditas tersebut diprediksi akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada sektor pertumbuhan ekonomi, sehingga mampu berperan penting dalam penekanan laju inflasi. Saya sebagai Pemerintah Daerah berkomitmen akan terus mendukung para petani dengan kebijakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.” ungkap pria nomor 1 di KONUT tersebut.

Bupati 2 periode ini juga dalam penyampaiannya, berharap agar para petani dan semua elemen terkait, untuk selalu bersama-sama menyelaraskan serta menyukseskan berbagai program pemerintah dalam upaya menekan laju Inflasi Daerah dan Percepatan Pengentasan Kemiskinan Extrem di Kabupaten Konawe Utara.

”Sekali lagi saya sampaikan terimah kasih sebesar-besarnya kepada para petani bawang merah Desa Tetewatu. Semoga dari Desa Tetewatu bisa merambat ke seluruh desa di Kabupaten Konawe Utara untuk ikut andil dan berperan aktif membantu pemerintah dalam upaya Penekanan Laju Inflasi Daerah dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim.” ungkap H. Ruksamin

Pemerintah terus berupaya untuk selalu memberi jaminan kepada para petani, yang mana sejauh ini Pemerintah telah menyiapkan segala macam kebutuhan petani seperti bibit, pupuk, sertaa alat pertanian agar para petabi tidak menemukan lagi kendala dalam memproduksi berbagai komoditas yang menjadi andalan di Konawe Utara.*(IS) (ADV)

Laporan: Jefri