Kadis Pariwisata Konut Maksimalkan Fasilitas Saran Prasarana My Trip Bulan PRB Nasional di Pulau Labengki Siap Digunakan

Sultralink.Com, Konawe Utara– Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Riyas Aritman bersama jajarannya bekerja aktif memaksimalkan fasilitas sarana dan prasarana pelaksanaan My Trip Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2023 di Pulau Labengki.

Dikatakan Riyas Aritman, jelang Bulan PRB pihaknya telah meninjau langsung dan melakukan pembenahan lokasi tempat datangnya para tamu berkunjung di Pulau Labengki.

“Untuk laporan dari kami. Kami sudah mengkoordinir semua fasilitas yang menjadi tanggung jawab kami di Pulau Labengki diantaranya tempat penginapan, pembersihan dan lainnya, “ungkapnya saat memberikan laporan kerja dalam rapat terpadu pelaksanaan Bulan PRB Nasional yang dipimpin Wakil Bupati Konut, Abu Haera, bersama Sekda Konut, Kasim Pagala, di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Konut, Selasa (3/10/2023).

Seperti diketahui Pemda Konut menggelar rapat terpadu jelang pelaksanaan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tingkat nasional tahun 2023.

Kegiatan itu, dipimpin langsung Bupati Konut diwakil Wakil Bupati Konut, Abu Haera, Sekda Konut, Kasim Pagala, bersama jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Polres Konut, Kodim 1430 Konut, Basarnas Konut dan pimpinan serta anggota Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Konut.

Wakil Bupati Konut, Abu Haera menyampaikan, Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah Bulan PRB Nasional 2023 yang akan di hadiri seluruh pejabat Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah se-Indonesia.

Disebutkan, acara Bulan PRB berlangsung mulai tanggal 10 Oktober sampai 15 Oktober 2023 bertempat di MTQ Kota Kendari. Untuk 14 Oktober sampai 15 Oktober rombongan tim Pemerintah Pusat dari Kementerian, BNPB dan Pemerintah Provinsi akan melakukan My Trib PRB di Pulau Labengki.

Berkaitan hal diatas, Pemda Konut menjadi tuan rumah untuk menyambut kedatangan para tamu yang akan melakukan kunjungan wisata My Trip PRB di Pulau Labengki.

“Kita selaraskan langkah dan gerakan kita untuk sukseskan Bulan PRB ini, termasuk di Pulau Labengki sebagaimana yang diamanahkan bapak bupati, Kata Wakil Bupati Konut, Abu Haera dirapat itu.

Abu Haera mengharapkan, agar seluruh perangkat daerah dapat berperan aktif sesuai tupoksinya untuk bekerjasama mendukug penuh pelaksanaan bulan PRB.

Dikesempatan itu Sekda Konut, Kasim Pagala, yang juga berperan sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut menginstruksikan kepada peserta agar persiapan pelaksanaan kegiatan My Trip Bulan PRB di Pulau Labengki dapat dituntaskan sebelum acara berlangsung.

Kesiapan yang dimaksudkan Kasim Pagala adalah, mulai armada pemberangkatan para tamu di Pulau Labengki, Pelabuhan, kegiatan air bersih, tempat penginapan, pelayanan kesehatan, penyambutan para tamu, pengadaan sofenir, juru bicara tamu dan lainnya yang menjadi fasilitas pendukung acara.

Kasim Pagala juga mengungkapkan, dari data yang diterima sebanyak 848 orang tamu dari Pemerintah Pusat dan Provinsi akan berkunjung di Pulau Labengki. Sehingga, diharapkan kesiapan tempat dan sarana prasarana pendukung dapat dimaksimalkan.

“Sayang ingatkan, tidak ada alasan OPD keluar kota, perjalanan dinas dan lainnya. Kita harus stay maksimalkan sukseskan acara Bulan PRB Nasional ini. Semua speed yang ada di kumpulkan di satu titik, termasuk jolor. Juga siagakan ganset untuk penanggulangan listrik,”terangnya.

“Saya harapkan sekali lagi, kita harus betul-betul maksimal mempersiapkan semua yang di butuhkan. Ini merupakan kebanggaan untuk kita di Konawe Utara, menjadi promosi daerah dan wisata,”tutupnya. (ADV)

Laporan: Redaksi