Kadis Damkar Konut Sebut 2 Orang Tidak Diberangkatkan Pendidikan Pemadam di Cilacas

Djasmiddin, SE.,MM

SultraLink.com, Konawe Utara-Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Djasmiddin, SE.,MM menyebutkan 2 orang personilnya tidak diberangkatkan untuk mengikuti pendidikan pemadam di Cilacas Jawa Barat.

Mantan Sekdis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut ini mengatakan, sebanyak 15 orang personil Damkar Konut akan diberangkatkan untuk mengikuti pemusatan latihan pemadam di Cilacas.

“Jadwalnya pada bulan Maret ini kita berangkatkan. Tadinya ada 15 orang yang akan kita berangkatkan, tapi karena 2 orang berhalangan karena kondisi fisik, jadi sisa 13 orang saja yang akan kita kirim,”ungkapnya, Selasa (14/2/2023).

Lebih jauh dijelaskan, personil yang dikirim rata-rata telah mengikuti pendidikan dasar (diksar) Pemadam di Kota Kendari.

“Di Cilacas, personil akan ikuti pemusatan latihan selama 1 minggu,”ujarnya.

Untuk biyaya oprasional. Djasmiddin mengatakan, semua ditanggung oleh Dinas Damkar Konut.

“Makan, kostum, tiket dan lainnya semua di tanggung dinas,”ucapnya.

Dia menambahkan, Damkar Konut memiliki peran penting terhadap keselamatan daerah dan masyarakat dari ancaman kebakaran. Olehnya, tim yang dipersiapkan harus memiliki kualitas dan profesional dalam melaksanakan tugas.*(IS)

Laporan: Jefri