HUT ke 192 Kota Kendari, RSUD Gelar Aksi Donor Darah

RSUD Gelar Aksi Donor Darah

SultraLink.com, Kendari – RSUD Kota Kendari bersama Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar donor darah di Private Care Medical Center atau PMCC RSUD Kota Kendari, Rabu (8/02/2023).

Aksi kemanusiaan itu masih dalam mengisi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 192 Kota Kendari. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Sekretaris Daerah dan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Kendari tidak turut berpartisipasi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu memberikan apresiasi kepada Direktur RSUD Kota Kendari dan jajarannya atas inisiasi penyelenggaraan donor darah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Tentu semua kita lakukan dalam rangka mewujudkan makna donor darah, yang saya pahami itu ada tiga makna persaudaraan, solidaritas dan kepeduliaan. Tadi sudah disampaikan oleh pak dokter apasih manfaat dari donor itu baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi sosialnya. Donor darah hari ini harapannya memberikan bantuan kepada yang membutuhkan,” ujar Asmawa Tosepu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/2/2023).

Sementara itu, Kepala RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman, mengatakan pada momentum HUT ke 192 Kota Kendari, RSUD Kota Kendari berkomitmen untuk menyelenggarakan donor darah yang bakal berlangsung setiap tiga bulan sekali.

“Harapannya ini menjadi budaya, mulai hari ini setiap tiga bulan ke depan kita akan melaksanakan donor darah di RSUD kota. Karena kita tau bersama, kalau kita sakit membutuhkan darah dan Kota Kendari ini masih sering kekurangan stok darah,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya tentang deteksi dini terkait penyakit yang serius. Dirinya mengandaikan dengan melakukan donor darah penyakit Hepatitis dapat diketahui.

“Jadi manfaat pertama itu deteksi dini kita punya penyakit, malaria dan lain sebagainya,” jelasnya.

Selain deteksi dini, manfaat lain donor darah adalah mengurangi resiko penyakit jantung koroner dengan mengikuti donor darah secara rutin hal ini telah didukung dengan pembuktian.

Dan manfaat lainnya adalah mengurangi berat badan, “jadi ibu-ibu yang suka diet tolong donor darah secara rutin, Insya Allah berat badannya turun pak. Karena itu setiap mengeluarkan 250 ml itu mengeluarkan 650 kalori,” pungkasnya.(b)

Laporan: Ramadhan