Hari Bhayangkara ke-77, RS Bhayangkara Gelar Operasi Katarak Gratis

Hari Bhayangkara ke-77, RS Bhayangkara Gelar Operasi Katarak Gratis

Sultralink.Com,Kendari – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Kendari menggelar program operasi mata katarak gratis bagi warga kurang mampu.

Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian bakti kesehatan Polri terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Menurut, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara, AKBP dr. Sukardi Yunus, menyampaikan bahwa operasi katarak dilaksanakan dengan target 20 pasien selama satu hari pada Jumat, (16/6/2023). Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian bakti kesehatan Polri terhadap masyarakat yang membutuhkan.

“Operasi katarak gratis ini menjadi harapan bagi warga kurang mampu yang menderita penyakit mata katarak. Dalam pelaksanaannya, terdapat tahap seleksi melalui uji screening, di mana 10 pasien berhasil lolos dan akan menjalani prosedur operasi. Para pasien yang dipilih akan mendapatkan perawatan medis yang diperlukan untuk mengatasi kondisi katarak mereka,” ujar Yunus, Jumat (16/6/2023).

Kata Yunus, dalam upaya menjalankan operasi katarak ini, Rumah Sakit Bhayangkara melibatkan seorang dokter spesialis mata dari mitra mereka. Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan proses operasi berjalan dengan baik dan pasien mendapatkan perawatan yang profesional. Dokter spesialis mata akan melakukan operasi katarak dengan estimasi waktu sekitar 30 menit per pasien.

“Program operasi katarak gratis ini memberikan harapan baru bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain mengurangi beban finansial, program ini juga memberikan kesempatan bagi pasien untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan agar mereka dapat melihat dunia dengan lebih jelas. Rumah Sakit Bhayangkara berharap program ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat di sekitarnya,” bebernya.

Salah satu keluarga pasien, H. Tayyeb (71), menuturkan ia merasa sangat bersyukur dengan adanya prongram operasi katarak ini. Lantaran istri tercintanya yang menderita katarak pada kedua matanya bisa dilakukan operasi.

Dengan dilaksanakannya program operasi katarak gratis ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77, Rumah Sakit Bhayangkara TK.III Kendari menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada warga kurang mampu.

Semoga program ini dapat memberikan dampak positif dan membantu masyarakat yang membutuhkan untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan guna meningkatkan kualitas.

Laporan: Krismawan