Dinkes Gelar Validasi Data Lintas Program Bidang Kesmas

Foto bersama tim Dinkes Konut usai menggelar validasi data lintas program

Sultralink.Com, Konawe Utara – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), sukses gelar kegiatan validasi data lintas program bidang kesehatan masyarakat (Kesmas) tahun 2023.

Acara itu diikuti seluruh staf jajaran Dinkes Konut dan Puskesmas-Puskesmas, bertempat di salah satu hotel di Kendari, Selasa (10/10/2023).

Kepala Dinas (Kadinkes) Konut, Nurjannah Efendi menuturkan, validasi data merupakan proses tolak ukur kinerja para petugas kesehatan dalam melakukan pelayanan publik bidang kesehatan.

Olehnya, evaluasi kinerja mengenai validasi data menjadi salah satu prioritas yang rutin dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kinerja yang tepat sasaran, dan sesuai standar penilaian.

“Sistem informasi kesehatan diharapkan mampu menghasilkan informasi dan data kesehatan yang lengkap, akurat, dan terkini untuk digunakan dalam pengambilan keputusan/kebijakan bidang kesehatan. Inilah salah satu tujuan validasi data,”ungkap Nurjanah Efendi.

Diterangkan, sistem Informasi kesehatan merupakan elemen penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah dari segi kesehatan khususnya di Kabupaten Konut.

Sehingga, lanjut Nurjannah Efendi, melalui kegiatan validasi data diharapkan mampu meningkatkan informasi dan data yang akurat, tepat waktu dan berbasis kebutuhan.

“Kegiatan validasi data juga bertujuan untuk membangun kebersamaan dan kekompakan dalam bekerja. Dalam melakukan pelayanan itu harus punya data yang jelas, lebih akurat dan kalau dikerjakan bersama-sama akan menghasilkan kinerja yang baik.

Dia menambahkan, program validasi data lintas program lingkup Dinkes Konut akan dikembangkan ke lintas sektor yang melibatkan instansi-instansi terkait bidang pelayanan kesehatan.

“Seperti pada pelayanan stunting, tidak hany melibatkan Dinas Kesehatan saja, tapi juga ada peran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), sehingga kegiatan validasi data lintas program ini nantinya dikembangkan ke lintas sektor,”tutupnya.

Laporan; redaksi