Dinas Pertanian Kota Kendari Bentuk Satgas Untuk Pengawasan Daging Kurban

Dinas Pertanian Kota Kendari Bentuk Satgas Untuk Pengawasan Daging Kurban
Sahuriyanto

Sultralink.Com,Kendari – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444/Hijriah, Dinas Pertanian Kota Kendari membentuk tim satuan tugas (Satgas) untuk pengawasan daging kurban yang akan masuk di Kota Kendari.

Tim satgas tersebut di ketuai oleh Wakapolresta Kendari, juga turut serta dalam pengawasan tersebut dari pihak Dandim, dan Kejaksaan di kota kendari.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sahuriyanto mengatakan bahwa pembentukan tim satgas tersebut untuk mengawasi hewan kurban dari penyakit yang nantinya akan masuk di Kota Kendari.

“Kami juga melibatkan persatuan dokter hewan dari balai karantina. Jadi pada saat penyembelihan hewan kurban, dokter-dokter kita itu akan terjun ke lapangan untuk memerisa kesehatan hewan kurban tersebut. Jadi inshaAllah daging yang akan didistribusikan kepada masyarakat sudah aman dari penyakit,” ujarnya, pada selasa (27/6/2023).

Dia juga mengungkapkan bahwa hewan kurban yang akan masuk di Kota Kendari tahun ini akan mencapai kisaran dua ribuan ekor, mengikuti jumlah hewan kurban yang masuk di tahun lalu, yakni tahun 2022.

“Data sekarang baru seratus tujuh puluh lima (175) ekor yang masuk, kalau tahun lalu ada dua ribu seratus sebelas (2111) ekor. Paling kisarannya di tahun ini juga akan mencapai duarebuan,” bebernya.

Ia juga menyebutkan, pengawasan lain yang akan di lakukan satgas ini adalah memastikan surat rekomendasi dari desa hewan ini berasal, manakala kalau ada hewan curian, maka hewan tersebut tidak layak untuk di jadikan kurban.

“Sapi-sapi yang akan masuk, kita akan periksa surat keterangan kesehatan hewannya yang di tanda tangani oleh dokter hewan dari Kabupaten/kota pengirim. Yang kedua harus ada rekomendasi dari desanya, siapatau itu sapi curian kan, nah itu itu tugas dari satgas kami,” pungkasnya.

Laporan: Redaksi