Bupati Konut Resmi Serahkan Mobil Dan Motor Pemadam Kebakaran Ke Dinas Damkar

Bupati Konut Resmi Serahkan Mobil Dan Motor Pemadam Kebakaran Ke Dinas Damkar
Bupati Konut didampingi Sekda Konut saat menyerahkan bantuan armada damkar kepada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Konut

SultraLink.com, Konawe Utara-Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin didampingi Sekda Konut, Kasim Pagala beserta para Asisten dan Staf Ahli secara resmi menyerahkan sarana pendukung operasional di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Konut.

Operasional yang diberikan yaitu, berupa 1 unti mobil Pemda kebakaran dan 1 unit motor rada 3 pemadam kebakaran. Kendaraanya diterima langsung oleh Kadis Damkar Konut, Djasmiddin bersama jajarannya usai menggelar apel pagi di Pelataran Kantor Bupati Konut, Senin (5/6/2023).

Bupati Konut Ruksamin mengatakan, pengadaan armada pemadam kebakaran merupakan langkah pemerintah untuk memaksimalkan sistem pelayanan di masyarakat di bidang penyelamatan dan penanganan kebakaran.

Bupati Konut Resmi Serahkan Mobil Dan Motor Pemadam Kebakaran Ke Dinas Damkar

Disampaikan Ruksamin, kendaraan yang diserahkan telah di lengkapi berbagai alat dama melakukan misi penanganan bencana. Selain itu, kendaraan yang di desain juga sudah menggunakan teknologi canggih buatan dari Negara Amerika.

“Sama halnya dengan motor pemadam kebakaran roda 3 yang kita serahkan juga untuk menjangkau lebih cepat jika ada terjadi musibah kebakaran di daerah-daerah terpencil,”ungkapnya usai menyerahkan aramada tersebut.

Dirinya berharap, dengan bertambahnya fasilitas pendukung pendam kebakaran, dapat meningkatkan semangat kerja tim Damkar Konut dalam melaksanakan misi-misi penyelamatan di masyarakat.

“Sejauh ini tim Damkar Konut semakin baik dalam melaksanakan tugas. Tentu harapan kita agar lebih ditingkatkan lagi mulai dari kualitas personil sampai dengan sarana dan prasarana nya,”ujarnya.

Ditempat yang sama, Kadis Damkar Konut, Djasmiddin juga mengatakan, mobil damkar sudah dilengkapi berbagai fasilitas alat evakuasi, dan berteknologi canggih. Selain itu, dapat menampung sampai 4 ton air.

Tak hanya mobil pemadam kebakaran, Dinas Damkar Konut juga mengadakan kendaraan operasional roda 3 untuk menangani kebakaran di wilayah itu. Bahkan, untuk di Indonesia timur baru Pemda Konut yang mengadakan.

Bupati Konut Resmi Serahkan Mobil Dan Motor Pemadam Kebakaran Ke Dinas Damkar

“Sudah di lakukan uji coba, dan alhamdulillah semua oke siap untuk digunakan,”kata Djasmiddiin.

Mantan Sekertaris BPBD Konut ini menyampaikan, mobil tersebut diadakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konut, senilai Rp 1,7 miliyar.

Armada tersebut memiliki teknologi canggih yang siap mengatasi jika terjadi musibah kebakaran.

“Alhamdulillah semua berkat dukungan penuh dari bapak Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara, serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Konawe Utara, sehingga kita bisa miliki tambahan unit pemadam kebakaran,”ujarnya.

Diamenambahkan, peningkatan pelayanan di masyarakat disegala bidang menjadi skala prioritas Pemerintah Konawe Utara (Konut).

13 Tim Personil Damkar Konut Tuntas Ikuti Pendidikan di Ciracas Jakarta Timur
Foto bersama tim Damkar Konut saat mengikuti pelatihan PUSDIKLATKAR di Ciracas Jakarta Timur

Langkah itu, dibarengi dengan kerjasama yang baik dari pihak DPRD Konut untuk mendukung program kerja pemerintah, serta melakukan pengawasan agar tepat sasaran dan berjalan baik.

Salah satunya, dibidang penanganan pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Mendukung kerja para abdi negara diinstansi Pemadam Kembakaran dan Penyelamatan, Pemerintah bersama DPRD dorong peningkatan sarana dan prasarana

Hal itu, bertujuan untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat pada musibah kebakaran yang kapan saja dapat terjadi. Serta menyelamatkan masyarakat yang terdampak bencana.

“Pemerintah dan DPRD memberikan respon yang baik dan cepat untuk mengoptimalkan kerja stafnya dilapangan dalam mengatasi musibah kebakaran,”ucapnya.

Pihaknya juga melakukan bimbingan teknis kepada sopir dan tim pemadam kebakaran. Hal itu, dimaksudkan agar pelaksanaan evakuasi dilapangan berjalan baik, cepat, tepat, tanggap.**(IS) (ADV)

Laporan: Jefri