BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami di 5 Daerah Sultra

Ketgam: ilustrasi

SultraLink.com, Kendari – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis peringatan dini tsunami di beberapa wilayah Kota Kendari, Sultra, pada Selasa, (10/1/2023).

“Daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan permodelan yaitu Wakatobi, Kendari Pulau Watulumango, Kepulauan Kendari, Konawe Bagian Selatan, dan Kota Kendari,”kata Rudin melalui rilis pers, Selasa (10/1/2023).

“Potensi tsunami untuk diteruskan ke masyarakat,”Lanjutnya

Peringatan dini tersebut dikeluarkan BMKG akibat gempa bumi berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR) mengguncang Maluku Tenggara Barat, Selasa (10/1/2023) Pukul 00.47 Wita.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 7,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 kilometer arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 kilometer,”Jelas Rudin melalui rilis pers BMKG, Selasa (10/1/2023).

Rudin menyampaikan setidak ada 3 imbauan bagi wilayah yang berpotensi tsunami, pertama, Pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota yang berada pada status “Awas”diharap memperhatikan dan segera menggerakhkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Kedua, Pemerintah Provinsi Kabupaten/kota yang berada pada status “Siaga” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

“Pemerintah Propinsi Kabupaten/Kota yang berada pada status “waspada” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,”terangnya.

Laporan: Ramadhan