700 Unit Rumah di Muna Akan Mendapat Bantuan Bedah Rumah

SultraLink.com,Muna – Sebanyak 700 unit rumah di Kabupaten Muna akan mendapatkan prongram bantuan stimulan perumaham swadaya (BSPS) atau biasa disebut dengan bedah rumah tepat sarasaran.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Ashar Dulu mengatakan, di tahun 2023 ini pihaknya akan menargetkan kouta bedah rumah lebih banyak dibandingkam di tahun 2022, supaya masyarakat memiliki rumah laya huni di setiap desa.

“Program bedah rumah tahun ini hal yang penting karena berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat, Olehnya itu program ini akan tetap berjalan sesuai dengan anggaran yang ada, meski di tahun 2022 kuota bedah rumah berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, hal itu terjadi karena gelombang kedua bedah rumah tahun lalu tidak terlaksana,”Ujar Ashar, Jumat (6/1/2023).

Lanjut Ashar, Batalnya gelombang kedua bedah rumah tahun lalu dikarenakan pengimputan dari sasaran banyak laporam dari Desa dan tidam memilik data yang tidak akurat. Sehingga pihak balai menunda bantuan bedah rumah.

“Saya berharap geseran dari penundaan gelombang kedua tahun sebelumnya ditambah dengan kuota 2023, bisa dua kali lebih banyak dibandingkan jatah 2022,”Harapnya.

Untuk diketahui, Syarat-syaratnya agar bisa mendapatkan bantuan sangatlah sederhana, cukup kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Selanjutnya, tim akan turun langsung kelapangan untuk memastikan layak dan tidaknya untuk mendapat bantuan tersebut. Jadi, bukan secara administrasi kelayakan mendapatkan bantuan tersebut tetapi secara teknis.

Laporan: K15