Waspadai Radiasi Bluelight Yang Membahayakan Mata, Ini Alasannya

Sultralink.Com,Kendari – Penggunaan gadget di era teknologi sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat.

Pasalanya, waktu dan keseharian mereka habiskan untuk menatap layar handphone dan ada yang kurang jika sehari saja tidak menyentuh gedget.

Penggunaan gadget beragam, ada yang menggunakan untuk menonton film, mencari informasi, media sosial hingga bermain game. Beragam kegiatan itu dilakukan sepanjang waktu. Tapi tahu tidak, menatap layar gadget dalam waktu yang lama memberi dampak negatif bagi mata.

Sering kali aktifitas menatap gadget membuat mata lelah dan kering. Hal tersebut disebabkan cahaya biru (bluelight) yang mengganggu kesehatan mata.

Apa itu bluelight? Mari kita ulas

Mengutip dari Halodoc, cahaya biru atau bluelight adalah cahaya yang tampak dengan panjang gelombang antara 400—450 nanometer (nm). Seperti namanya, jenis cahaya ini dianggap berwarna biru. Meski demikian, bluelight dapat muncul meskipun cahaya dianggap putih atau warna lain.

Bluelight ini menjadi perhatian karena mereka memiliki lebih banyak energi per foton cahaya yang dapat menimbulkan radikal bebas (radiasi), jika dibandingkan warna warna lain dalam spektrum tampak, semisal cahaya hijau atau merah. Apalagi mata manusia tidak bisa memblokir radiasi bluelight dengan baik sehingga dapat menembus masuk ke dalam retina. Akibatnya, cahaya biru, pada dosis yang cukup tinggi dapat memicu kerusakan oksidatif pada sel-sel sensitif cahaya di retina sehingga bisa mengganggu kesehatan mata.
Radiasi ini dikatakan telah mempengaruhi sekitar 50 persen pengguna komputer dan gadget. Gejala yang dirasakan mulai dari ringan hingga berat, seperti mata kering dan iritasi.

Melalui artikelnya, Halodoc memaparkan cara yang cukup ampuh untuk melindungi kerusakan akibat bluelight, dengan mengelola waktu penggunaan perangkat elektronik khususnya gadget. Sangat disarankan agar mengambil jeda atau waktu istirahat menggunakan gadget.

Kemudian, memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Perbanyak makan buah dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi yang terbukti baik untuk menjaga kesehatan mata.

Mengonsumsi suplemen juga sangat disarankan, seperti Lanavision yang mengandung 100 persen ekstrak bilberry natural. Mengandung antioksidan tinggi membuat ekstrak bilberry mampu membantu memperkuat pembuluh darah mata dan melindungi kerusakan sel mata dan retina mata.

Bilberry juga cukup efektif meningkatkan aliran nutrisi dan oksigen ke mata, sehingga mata terhindar dari risiko penyakit jangka pendek, seperti mata lelah, mata perih, mata berat, sulit fokus, maupun efek jangka panjang seperti degenerasi makula, katarak, dan glaukoma.

Dari penjelasan di atas sudah paham kan bahayanya penggunaan gadget secara berlebihan. Jadi, mulai sekarang gunakan gadget secara bijak dan secukupnya.

Laporan: Redaksi