Tina Nur Alam Terpilih Jadi Ketum Ika Fisip UHO

Sultralink.Com,Kendari – Tina Nur Alam resmi menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) periode 2023 – 2028.

Ketua Umum IKA FISIP UHO terpilih, Tina Nur Alam dan pengurus IKA Fisip UHO dikukuhkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat (PP) IKA UHO Prof. Dr.Andi Bahrun, M.Sc, Agric.

Ketua Panitia, Syukur Saleh menjelaskan, agenda pengukuhan ini merupakan kelanjutan dari agenda Mubes yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dimana pada agenda Mubes tersebut telah terpilih ibu Tina Nur Alam sebagai Ketua Umum IKA Alumni FISIP UHO, yang selanjutnya dengan dibantu tim tujuh telah menyusun kepengurusan.

“Ibu Tina Nur Alam merupakan pemimpin masa depan dan perempuan hebat di Sultra yang terpilih secara musyawarah mufakat,” terang Syukur Saleh.

Saat membacakan naskah pengukuhan Sekjen PP IKA UHO Prof. Dr. Andi Bahrun menegaskan, dalam agenda pengukuhan ini terselip harapan seluruh alumni FISIP UHO dan masyarakat di Sultra.

“Kiranya pengurus terpilih dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diembankan dengan penuh rasa tanggung jawab dengan mengutamakan visi wawasan global bertindak lokal,” papar Prof Andi Bahrun.

Dikesempatan yang sama, Rektor UHO Kendari Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Arafah berpesan agar jajaran Ika alumni FISIP UHO senantiasa menjaga kekompakan.

Menurutnya juga, keberadaan alumni merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan dan kemajuan UHO khususnya dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Semoga para alumni bisa menjadi bagian pembangunan nasional dan daerah apalagi saat ini UHO memiliki visi universitas terbaik,” kata Nur Arafah.

Sementara itu, Ketua Umum IKA Alumni FISIP UHO, Tina Nur Alam dalam sambutannya menegaskan. Perlunya sinergitas dan kolaborasi alumni Fisip UHO dan Pemerintah Daerah dalam upaya percepatan pembangunan daerah.

Olehnya itu, diharapkan adanya peran alumni FISIP UHO dalam proses mengubah potensi tersembunyi menjadi aktual, yang dibutuhkan ialah aksi nyata di tengah masyarakat.

“Pengurus IKA Fisip periode 2023-2026 pada program kerja akan fokus pada Bidang Sosial dan Pendidikan,” kata Tina Nur Alam yang juga Anggota DPR RI ini.

Untuk program kerja di bidang sosial, pihaknya akan mengerjakan program pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pemihakan terutama kepada penduduk miskin.

“Pengabdian ini akan dilakukan melalui program pengembangan ekonomi rakyat, ini amat penting karena masyarakat di daerah, secara social ekonomi masih tergolong lemah,” ujar Tina Nur Alam.

Sementara itu, untuk bidang Pendidikan, akan diluncurkan program pemberian beasiswa bagi masyarakat khususnya keluarga alumni FISIP UHO.

“Program beasiswa yang telah saya jalankan selama ini akan kami lanjutkan dan kedepan akan mengutamakan keluarga- keluarga para Alumni Fisip UHO,” pungkasnya.

Laporan: Indra Kusdana