Rektor UHO Kendari Ingatkan Mahasiswa Senior Tidak Ada Kekerasan Fisik di Fakultas

Rektor UHO Kendari Ingatkan Mahasiswa Senior Tidak Ada Kekerasan Fisik di Fakultas
Universitas Halu Oleo

SultraLink.com, Kendari – Dengan viralnya kejadian pengroyokan dua senior kepada juniornya di Fakultas Tehnik, Jurusan D3 Teknik Sipil Universitas Halu Oleo (UHO),
Prof Muhammad Zamrun Firihu selaku Rektor Universitas Haluoleo Kendari mengingatkan kepada mahasiswa Senior jangan ada lagi kekerasan fisik pada juniornya.

Menurut Prof Zamrun, membina junior itu tidak ada masalah, tetapi hindari perbuatan mengintimidasi, kekerasan fisik maupun bullying.

“Memberi nasehat kepada junior itu juga bagus.Itu tidak ada masalah, tetapi jangan sampai mengarah ke hal-hal yang negatif seperti pemukulan, perundungan ataupun kekerasan fisik itu jangan,” katanya saat ditemui, Jumat (9/6/2023)

Menurutnya, jika ada yang keberatan dengan hal tersebut dan melaporkan kepada pihak berwajib itu merupakan hak sebagai warga negara dan jika diproses hukum juga dijamin dengan undang-undang.

“Yang jelas kalau ada yang keberatan itu kan tidak bisa lagi kita bantu, itu hak dia sebagai warga negara. Dan itu jika diproses hukum, ya itukan di jamin oleh undang-undang ataupun peraturan perundang-undangan dan saya tidak akan intervensi,” ujarnya.

Selain itu kata Zamrun ia mengingatkan kepada pimpinan fakultas baik dekan ataupun wakil dekan untuk selalu mengontrol kegiatan mahasiswa di dalam kampus.

“Saya ingatkan Dekan atupun wakil dekan 1 tolong di kontrol kegiatan mahasiswa, jadi kalau Kegiatan itukan kita sudah tau dan aturannya sudah ada. Setiap kegiatan diluar kampus atau diluar jam kampus harus izin dari pimpinan fakultas,” tegasnya.

Ia menambahkan, namun kejadian tersebut merupakan pembelajaran untuk UHO Kendari agar lebih berhati-hati lagi untuk bisa mengontrol kegiatan kemahasiswaan di tingkat fakultas.

“Artinya koordinasi pimpinan fakultas dekan, WD dengan Kajur dan Kaprodi itu kedepannya harus lebih ditingkatkan lagi. Untuk mahasiswa berbuat yang positif-positif saja lah tidak usah yang negatif,” tutupnya.

Diketahui sebelumnya, dua senior Jurusan D3 Teknik Sipil UHO Kendari berinisial SF (20) dan NI (22) melakukan penganiayaan kepada juniornya yang berinisial WP (19), ketika korban hendak mengambil baju PDH jurusannya beberapa waktu yang lalu.

Atas kejadian tersebut kedua mahasiswa senior Jurusan D3 Teknik Sipil Universitas Halu Oleo (UHO) yang telah ditetapkan sebagai tersangka

Laporan: Krismawan