Refleksi Hari Lahir Pancasila, GMNI Unsultra Turun Jalan Suarakan Pancasila Ideologi Negara

Refleksi Hari Lahir Pancasila, GMNI Unsultra Turun Jalan Suarakan Pancasila Ideologi Negara
Masa Aksi GMNI di lokasi.

SultraLink.com, Kendari – Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Komisariat Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), gelar aksi refleksi hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023, di Gerbang Perbatasan Ranomeeto, Kamis (1/6/2023).

Ketua GMNI Komisariat Unsultra, Ardianto mengatakan aksi yang mereka lakukan untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa setiap tanggal 1 Juni adalah Hari Pancasila atau Hari Lahir Pancasila. Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

“Kami mengajak, memperlihatkan kepada seluruh masyarakat kota kendari, bahwa kita sebagai pemuda hari ini, masih cinta akan tanah air dan masih mengingat bahwa tanggal 1 Juni 2023 khususnya itu adalah hari lahir Pancasila, “kata Ardianto, saat diwawancara, Kamis (1/6/2023)

Lebih lanjut Ardianto mengungkapkan aksi yang mereka bangun tersebut juga untuk menyuarakan bahwa Pancasila sebagai ideologi negara.

“Semua peserta dari GMNI Komisariat Unsultra, semuanya mahasiswa, dan selesai sampai jam 6,” Ungkap Ardianto.

Dari pantauan awak media, tidak terlihat ada pengawalan dari pihak kepolisian. Kegiatan aksi berlangsung kondusif dan hanya ada pembakaran ban namun tidak memicu kelancaran para pengendara.

Laporan : Ramadhan