Pendaftaran Balon Bawaslu Sultra Zona I Bakal Diperpanjang, Keterwakilan Wanita Belum Terpenuhi

Pendaftaran Balon Bawaslu Sultra Zona I Bakal Diperpanjang, Keterwakilan Wanita Belum Terpenuhi
Mursalam

SultraLink.com,Kendari – Menjelang H-1 pendaftaran bakal calon Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) Zona 1 masih belum memenuhi ketentuan.

Menurut, Ketua Tim Seleksi Zona 1, Mursalam mengatakan, kemarin atau H-1 hari terakhir pendaftaran sudah ada 50 orang yang terdaftar. Namun untuk keterwakilan perempuan yang dipersyaratkan 30 persen pun belum terpenuhi.

“Bisa jadi kami akan melakukan perpanjangan apabila dalam ketentuan kurangnya pendaftar perempuan 30 persen, ataupun pendaftar kurang dari delapan kali kebutuhan. Kalau delapan kali kebutuhan minimal pendaftarnya itu 24 orang per kabupaten,” ujarnya, Rabu (7/6/2023).

Kata Mursalam, untuk pelayanan sendiri, pihaknya sesuai timeline. Membuka pendaftaran sejak pukul 09.00 WITA hingga 16.00 WITA.

“Dan untuk pengunggahan data para pendaftar dilakukan tim seleksi hingga pagi dan malam terbilang cukup lama, pasalnya terkendala oleh jaringan,” bebernya.

Untuk diketahui, Kabupaten/Kota yang masuk dalam Zona 1 yakni Buton, Buton Selatan, Buton Utara, Buton Tengah, dan Bombana.

Laporan: Krismawan