Pemprov Sultra Launching CPP Berupa Beras Kepada KPM di 17 Kabupaten/Kota

Sultralink.Com,Kendari – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) launching cadangan pangan pemerintah (CPP) berupa beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 17 Kabupaten Kota di Gudang Punggaloba, Selasa 30 Januari 2024.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan bahwa alokasi beras yang disalurkan 1.319 ribu ton untuk 219. ribu keluarga penerima manfaat.

“Alokasi waktu ini akan dilaksanakan selama 6 bulan, dari Januari hingga Juni 2024,” ujarnya.

Ia menuturkan, tujuan utama dari kegiatan ini yaitu didasari amanah dari undang-undang dasar 1945, yakni terpenuhinya hak-hak konstitusional masyarakat berupa pangan

“Disamping itu ini salah satu cara untuk menekan inflasi di Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, CPP yang disalurkan ini, jatuh kepada keluarga penerima manfaat dengan baik dan tidak disalahgunakan.

Sementara itu, kepala Perum Bulog Sultra Siti Mardati Saing mengatakan bahwa yang dilaunching hari ini adalah bantuan pangan berupa beras dari pemerintah tahun 2024 yang dilaunching untuk 17 kabupaten kota di Sultra

“Pendistribusian hari ini kepada 219.428 keluarga penerima manfaat. Bulog menyiapkan berasnya 2.194 ribu ton. pemerintah melalui badan pangan memerintahkan kepada bulog untuk mendistribusikan tahap pertama Januari hingga Maret,” bebernya.

Lanjutnya, sementara untuk tahap ke dua didistribusikan pada April hingga Juni. Jadi stok bulog kita sudah siapkan CPP sekarang 14.500 cukup untuk bantuan pangan.

“Masing-masing kpm terima 10 kg per KPM per bulan alokasi. Jadi setiap bulan menerima 10 Kg beras,”jelasnya.

Laporan: Redaksi