Mengoptimalkan Proses Koordinasi Pertukaran Informasi, KPP Kendari Laksanakan LOCA dan MoU

Sultralink.com,Kendari – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari melaksanakan penandatanganan LOCA (Letter of Operational Coordination Agreement) antara KPP Kendari dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Haluoleo.

Bukan hanya itu KPP Kendari juga melakukan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara KPP Kendari dengan RSUD Bahteramas.

Diketahui, LOCA antara KPP Kendari dengan UPBU Haluoleo tentang penyelenggaraan Operasi SAR Kecelakaan Pesawat Udara disekitar Bandar Udara Radius 5 Mil (8 KM).

Sedangkan MOU antara KPP Kendari dengan RSUD Bahteramas tentang penyelenggaraan Operasi SAR dengan ruang lingkup meliputi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, latihan Operasi SAR, Pemanfaatan sumber daya, layanan kesehatan serta penelitian dan pengembangan.

Kepala KPP Kendari, Muhammad Arafah mengatakan, tujuan penandatanganan LOCA dan MOU ini adalah sebagai pedoman bersama bagi kedua belah pihak sehingga tujuan untuk mengoptimalkan proses koordinasi pertukaran informasi terkait pencarian dan pertolongan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan serta koordinasi dan kerjasama dalam hal pelaksanaan operasi SAR dapat semakin lancar dan sukses.

“LOCA dan MOU ini merupakan kesepakatan antara kesepakatan antara KPP Kendari dengan pihak mitra yang didasarkan pada tugas dan tanggung jawab masing-masing guna menghasilkan koordinasi penyelenggaraan operasi SAR yang cepat dan tepat dalam mendukung pelaksanaan pengawasan dan pengendalian terhadap keselamatan , keamanan, kelancaran serta kenyamanan penerbangan ataupun kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Laporan: Indra Kusdana