KPP Kendari dan BMKG Teken Kerja Sama, Ini Tujuannya

Sultralink.com,Kendari – Guna mengoptimalkan proses koordinasi pertukaran informasi terkait pencarian dan pertolongan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, efektif dan efisien. Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan BMKG Kendari, pada Senin (20/5/2024).

Kegiatan penandatanganan tersebut di laksanakan di Aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari.

Kepala KPP Kendari Muhamad Arafah menuturkan, penandatanganan perjanjian kerja sama antara KPP Kendari dengan BMKG Kendari tentang pertukaran data dan informasi meteorologi penerbangan dan pelayaran dalam rangka penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan.

“Ini bertujuan sebagai pedoman bersama bagi kedua belah pihak sehingga tujuan untuk mengoptimalkan proses koordinasi pertukaran informasi terkait pencarian dan pertolongan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan serta koordinasi dan kerjasama dalam hal pelaksanaan operasi SAR dapat semakin lancar dan sukses,” ujarnya.

Kata Arafah, beranjak dari amanat undang-undang nomor 17 tentang pelayaran, undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan dan undang-undang nomor 29 tentang Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

“KPP Kendari mencoba menginisiasi adanya kerja sama dengan BMKG Kendari sebagai badan yang mengampu dan menyediakan informasi yang hampir akurat mengenai meteorologi baik itu penerbangan dan pelayaran yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas-tugas pencarian dan pertolongan yang selalu mengedepankan safety first,” jelasnya.

Laporan: Krismawan