Konawe Utara Diurutan Ke 2 Terendah Penurunan Stunting Se-Sultra

Tim URC-KISS Konut saat membagikan menu makanan bergizi untuk penanganan stunting

Sultralink.Com, Konawe Utara – Tim Unit Reaksi Cepat (URC) penangan Kemiskinan Ekstrim, Inflasi dan Stunting (KIS) yang di bentuk Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menunjukkan hasil kerja maksimal.

Aksi gerakan tim URC-KISS yang dikomandoi Bupati Konut, Ruksamin secara bertahap mampun menekan penurunan stunting diwilayah itu.

Dari data yang dihimpun awak media Indosultra soal stunting tercatat, Konut saat berada di urutan ke 2 terendah penurunan stunting dari 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Pada Tahun 2021, tercatat stunting di Konut berada diangka 29,5 persen. Setelah tim URC-KISS yang terdiri dari Pemda Konut, Polres Konut, Kodim Konut, dan Kejari Konawe bekerja maksimal melakukan penanganan pada tahun 2022 rilis data terbaru stunting alami penurunan signifikan yakni 21,6 persen.

“Alhamdulillah untuk percepatan penurunan stanting Konawe Utara berada diurutan ke 2 terendah dari 17 kabupaten/kita. Ini artinya secara bertahap kita berhasil menurunkan angka prevelansi stanting,”ungkap Kepala Dinas PPKB Konut, melalui Kabid KS PPKB Konut, Siti Aisah, SKM.,M.Kes melalui pesan WhatsApp, Rabu (13/9/2023).

Bulan tanpa alasan, salah penurunan stunting di Konut dikarenakan peran tim URC-KISS yang bekerja maksimal melakukan penanganan langsung dilapangan.

Mulai pelayanan dan pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan, vitamin secara gratis, dan penyaluran bantuan makan bergizi kepada masyarakat yang rentang menimbulkan stunting seperti beras, telur, daging secara gratis rutin diberikan tiap bulannya.

“Salah satu faktornya, disebabkan karena adanya intervensi yang sudah berjalan yaitu adanya inovasi Pemda URC KISS seperti pemberian menu makan bergizi yang kami jalankan tiap bulan hingga saat ini,”tutupnya.**

Laporan: Redaksi