Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari Catat 12.521 Buku Paspor Dikeluarkan di 2022

SultraLink.com,Kendari – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari mencatat di tahun 2021 imigrasi Kendari mengeluarkan paspor sebanyak 1.852 paspor sedangkan ditahun 2022 imigrasi Kendari mengeluarkan sebanyak 12.521 buku paspor.

Permintaan pembuatan pasport atau dokumen perjalanan Keimigrasian di kantor imigrasi kelas I TPI Kendari meningkat secara signifikan di tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya tahun 2021.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari Indra Gunawan mengatakan, produksi paspor di imigrasi kelas I TPI Kendari memang terjadi peningkatan yang sangat signifikan di tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

“Hal tersebut disebabkan makin terbukanya pintu perbatasan di beberapa negara dan juga karena melandainya kasus covid 19 sehingga pergerakan manusia mulai kembali terbuka,” Kata Indra saat ditemui diruang kerjanya Kamis, (19/1/2023).

Indra menambahkan, untuk pembuatan paspor di kantor imigrasi kelas I TPI Kendari lebih banyak untuk penggunaan ibadah umroh bahkan bisa disebutkan 90 persen pemohon paspor setiap harinya adalah untuk melaksanakan ibadah umroh.

Menurutnya Indra, terjadinya peningkatan pembuatan paspor memberikan dampak terhadap pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang mencapai angka kurang lebih 3 miliyar rupiah di tahun 2022 kemarin.

“Imigrasi Kendari terus berharap agar bisa selalu memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat dan juga dengan peningkatan PNBP ini anggaran penyebaran informasi bisa ditingkatkan agar masyarakat lebih mengetahui dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk mengurus paspor,” tutup Indra.(b)

Laporan: Krismawan