Hutan di Konawe Terbakar, Polisi Dan Warga Lakukan Penjagaan Wilayah Permukiman

SultraLink.com, Unaaha – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di wilayah desa Wonua Morome, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (16/1/23) sekira pukul 19.00 wita.

Kapolsek Puriala Ipda Hamsar dalam keterangan tertulisnya menyebutkan lahan yang terbakar berada di puncak gunung desa Wonua Morome dengan medan yang sangat sulit dicapai dan area kebakaran yang luas sehingga PNPP polsek Puriala kesulitan melakukan pemadaman.

“Medan yang sangat sulit dicapai dan area kebakaran yang luas sehingga menyulitkan untuk melakukan pemadaman apalagi di malam hari,” jelas Hamsar.

Kapolsek Puriala menerangkan lahan yang terbakar merupakan sanitasi alang-alang dan semak belukar dengan luasan sekitar 50 hektar.

“Luasan kebakaran ini kamin prediksi masih akan bertambah mengingat api belum bisa dipadamkan,” sebutnya.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Manggala Agni atau Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian LHK
namun kondisi kantor yang jauh berada di Tinanggea, kabupaten Konawe Selatanel sehingga butuh waktu untuk sampai dilokasi kebakaran.

“Saat ini kami bersama anggota PPA rawa aopa dan masyarakat masih berada di sekitar lokasi menjaga api agar tidak menjalar mendekati pemukiman,” tutupnya.

Laporan : Febri