Curah Hujan Tinggi, Damkar Konut Tetap Siaga 1 Dalam Misi Penyelamatan

Curah Hujan Tinggi, Damkar Konut Tetap Siaga 1 Dalam Misi Penyelamatan
Djasmiddin

Sultralink.Com, Konawe Utara-Curah hujan yang terus mengguyur, salah satunya di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), memiliki resiko tinggi akan munculnya dampak bencana alam seperti banjir, dan tanah longsor.

Mengatasi hal itu, Pemerintah Konut melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Konut, siap siaga mengatasi dampak yang ditimbulkan adanya musim penghujan saat ini.

Kepala Dinas Damkar Konut, Djasmiddin, mengatakan pihaknya saat ini menetapkan status siaga 1 dalam misi penyelamatan.

Siaga 1 ditetapkan, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal buruk akibat musim hujan yang terjadi saat ini.

Mantan Sekdis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut ini menyampaikan, dirinya bersama seluruh stafnya memaksimalkan sistem piket kantor 1 kali 24 jam.

Selain itu, aktif melakukan pengawasan diwilayah rawan bencana, termasuk memantau informasi di media-media sosial.

Tak hanya itu, pihak Damkar juga, lanjut Djasmiddin, menyiapkan alat kelengkapan penyelamatan korban bencana dalam bertugas termasuk dengan armadanya.

“Saya sudah memberi perintah kepada seluruh personil dan ASN Pemadam Kebakaran dan penyelamatan, khususnya bidang penyelamatan terkait kondisi cuaca yang buruk sekarang ini di wilayah Kabupaten Konawe utara. Secara pribadi bahwa Damkar konut dalam hal ini bidang penyelamatan telah menetapkan siaga satu untuk banjir di konawe utara,”ungkapnya, memberikan informasi melalui pesan WhatsApp, Jumat (14/7/2023).

Ditanyai kondisi saat ini, dirinya mengatakan masih dalam status aman dan kondusif. Pihaknya berharap agar situasi ini terus berjalan baik hingga akhir musim penghujan. Namun demikian, dia juga menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan mengatasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

Laporan: Indra Kusdana