Catat Rekor Nasional, Desa Labengki Masuk Nominasi 15 Besar Desa Wisata Nusantara 2023

Sultralink.Com, Konawe Utara – Program Kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam pengembangan obyek wisata dan desa wisata diwilayah itu memberikan kontribusi positif untuk daerah dan masyarakat.

Dibawah kepemimpinan Bupati Konut, Ruksamin dan Wakil Bupati Konut, Abuhaera kembali berhasil mencatat rekor terbaik dalam promosi pengembangan dan kemajuan wisata serta desa wisata. Salah satunya, Desa yang berada di Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Desa Labengki yang berada di wilayah kepulauan masuk nominasi 15 besar desa wisata nusantara 2023.

Prestasi level nasional itu disematkan langsung oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (RI).

“Ini suatu prestasi yang membanggakan untuk kita semua, khususnya pemerintah dan masyarakat Konawe Utara. Ini anugerah besar yang diberikan oleh Allah SWT. Ini juga tak lepas dari peran kerjasama seluruh mitra, stakeholder terkait,”ungkap Bupati Konut, Ruksamin, Kamis (16/11/2023).

Dikutip dari laman Kendari Pos.Co.Id., Penetapan Desa Labengki sebagai salah satu nominasi Desa Wisata nasional, berdasarkan hasil penilaian presentasi, wawancara, dan verifikasi lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 sebagaimana tertuang dalam Berita Acara
Hasil Akhir Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 Nomor: 1241/PDP.01.03/XI/2023 dan Nomor: 1242/PDP.01.03/X1/2023 tanggal 14 November 2023.

Ketua Tim Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, Nursaid mengatakan, peserta yang dinyatakan lolos hingga tahap akhir dan berhak menerima penghargaan adalah 15 Desa peringkat terbaik pada Kategori I yakni Desa Sangat Tertinggal/Tertinggal/Berkembang)

“Kemudian 15 Desa peringkat terbaik pada kategori II yakni Desa Maju/Mandiri. Jadi ada dua kategori,” kata Nursaid.

Nursaid menambahkan, peserta yang dinyatakan masuk sebagai 15 Desa peringkat terbaik pada setiap kategori akan diundang untuk menerima penghargaan pada Malam Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 pada hari Jumat, 24 November 2023 di Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Nantinya undangan akan disampaikan
secara resmi kepada masing-masing peserta,” pungkasnya.

Laporan: Redaksi