Bupati Konut Paparkan Potensi Pariwisata Dan Budaya di Konut Dalam Acara Seminar di UHO

Sultralink.Com, Konawe Utara – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN. Eng, pada Rabu (20/09/2023) menghadiri acara yang diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Acara itu juga menghadirkan Direktur IPSAS Malaysia, Haslinda Abdullah, Rektor Universitas Abulyatama Aceh Agung Efriyo, dan Rektor Universitas Teuku Umar, Ishak Hasan.

Program acara yang diselenggarakan, merupakan seminar serantau terkait isu kemasyarakatan, dengan mengangkat tema “Transformasi inovasi meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan masyarakat di era society 5.0”.

Dalam acara itu, Bupati Konut, Ruksamin memperkenalkan nilai-nilai adat dari Kabupaten Konut berupa Konasara hingga ke mancanegara.

“Alhamdulillah, saya bersyukur bisa diundang dalam seminar mengenai masalah isu-isu Serantau. Begitu bersyukurnya saya di momen ini, kita bisa duduk bersama dengan para profesor, rektor-rektor semua. Itu suatu kebanggaan.”ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Konut ini mengatakan, bahwa dalam giat ini beliau tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memperkenalkan nilai-nilai adat dari Kabupaten Konut.

“Saya juga tidak lupa bahwa nilai-nilai adat yang dari Konawe Utara yang saya titip sudah sampai di Malaysia, Konasara itu sudah sampai disana, saya bagikan kepada mereka semua sekaligus saya sampaikan pesannya Konasara apa,”ujarnya.

Koordinator MW KAHMI Sultra ini berharap dengan adanya forum tersebut selain dapat mengenalkan budaya di Konawe Utara, juga dapat meningkatkan minat masyarakat luar untuk datang langsung melihat kekayaan budaya dan pariwisata yang dimiliki Konawe Utara.

Sementara itu, Rektor Teuku Umar, Dr. Ishak Ashan saat menjadi pembicara memberikan pujian Kepada Bupati Konut, Ruksamin

“Pak Bupati Konut Ruksamin ini adalah bupati yang sangat berenergik,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan Rektor Universitas Teukur Umar Dr. Ishak Ashan memberikan pujian kepada Bupati Konut, Ruksamin, pasalnya, dalam menyajikan paparan materi yang ia bawakan, Ruksamin begitu menggebu-nggebu dan sangat detail menjelaskan mengenai paradoks yang sedang dihadapi Sultra, Indonesia dan dunia pada umumnya di tahun-tahun yang akan datang.

Selanjutnya dalam momen tersebut, Ruksamin juga memberikan cendramata Konasara yang merupakan simbolisasi dari Kabupaten Konut kepada pembicara lainnya, diantaranya Rektor UHO Kendari, Muhammad Zamrun Firihu dan Dekan Fisip UHO Kendari, Eka Suaib.**

Laporan: Redaksi