Fraksi-fraksi DPRD Konut Resmi Terbentuk, Ini Daftarnya

Sultralink.Com, Konawe Utara – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), secara resmi telah membentuk Fraksi DPRD Kabupaten Konut.

Dasar pembentukan fraksi tersebut sesuai dengan amanat UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah, pasal 162 ayat 1, bahwa untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD Kabupaten/kota serta hak dan kewajiban anggota DPRD Kabupaten/kota, dibentuk fraksi sebagai wadah berhimpun anggota DPRD Kabupaten/kota dan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib (tatib) DPRD provinsi, Kabupaten dan kota.

Sekretaris DPRD Konut, Drs. Suharto mengatakan, setelah dilantik pada Rabu 28 Agustus 2024 lalu sebanyak 20 anggota DPRD Konut dilantik, dan sebanyak tiga fraksi telah resmi dibentuk.

Pengumuman pembentukan fraksi-fraksi dalam masa keanggotaan periode 2024-2029 disampaikan pada rapat Paripurna DPRD Kabupaten Konut beberapa waktu lalu.

Berita acara pembentukan fraksi antara partai PBB, Hanura dan partai PKB disepakati tanggal 27 September 2024, berita acara pembentukan fraksi partai PDIP tanggal 11 September 2024 serta berita acara pembentukan fraksi antara partai Golkar, PAN, Nasdem, Gerindra dan Demokrat tanggal 19 September 2024.

“Pembahasan tatib sudah selesai, ketua pansus Rasmin Kamil, unsur pimpinan sudah di usul di provinsi unsur pimpinan yakni Ketua DPRD dari PBB Herman, wakil ketua 1 PDIP I Made Tarubuana dan Wakil ketua dua Golkar Muhardi,” kata Suharto.

“Selesai tatib baru pembentukan AKD dan usulan-usulan partai yang menentukan fraksi-fraksi tersebut,” tambahnya.

Ketiga fraksi itu ditetapkan dalam surat Nomor 100.1.4.2/451/SETWAN/2024 tentang penetapan nama fraksi, susunan pimpinan fraksi dan keanggotaan fraksi DPRD Konut masa keanggotaan Tahun 2024-2029.

Pertama Fraksi Konasara yang diusung oleh PBB, Hanura dan PKB berjumlah 9 orang di ketuai Abdul Halim Alkaf (PBB).

Kedua, fraksi PDI Perjuangan di usung oleh PDI-P berjumlah 3 orang komposisi ketua Saharudin (PDI-P).

Ketiga fraksi Merah Putih yang diusung oleh partai Golkar, PAN, Nasdem, Gerindra dan Demokrat berjumlah 8 orang di ketuai Jalil (Nasdem).***

Laporan: Reza

error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!