Tahap 2, Program PPM Nyata Dari PT KNN dan PT EKU Dorong Ekonomi Masyarakat Desa Morombo Pantai Dan Morombo Melalui Bantuan Dana 250 Juta Ke BUMDES

Pihak PT KNN dan PT EKU saat serahkan bantuan dana program PPM 250 juta untuk BUMDES Pemerintahan Desa Morombo dan Desa Morombo Pantai

Sultralink.Com, Konawe Utara – Aktivitas penambangan biji nikel resmi berdokumen lengkap yang di lakukan PT Konawe Nikel Nusantara (KNN) dan PT Elit Kharisma Utama (EKU) di Desa Morombo Pantai, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), sangat berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat.

Komitmen menunaikan niat membangun ekonomi masyarakat dan desa dibuktikan dengan nyata melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang dijalankan dua perusahaan tersebut.

Program PPM yang nyata dilaksanakan diantaranya, peningkatan perekonomian masyarakat melalui kerjasama Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di desa-desa wilayah ring 1 tempat PT KNN dan PT EKU beraktivitas.

Seperti yang baru saja berjalan, Jumat 16 Agustus 2024 dimana PT KNN dan PT EKU kembali menyalurkan bantuan dan tunai senilai Rp 250 juta untuk BUMDES di Desa Morombo dan Morombo Pantai.

Dana tersebut, diterima langsung oleh masing-masing pemerintah desa, BPD Desa, dan disaksikan masyarakat.

Bantuan BUMDES yang disalurkan merupakan bentuk komitmen PT KNN dan PT EKU masyarakat dalam menjalankan program PPM yang diinisiasi untuk mendorong kualitas tarap hidup perekonomian masyarakat yang lebih baik, dan peroleh kesejateraan.

“Alhamdulillah, bantuan dana melalui program PPM ini ke BUMDES Desa Morombo Pantai, dan Desa Morombo merupakan yang ke dua kalinya. Masing-masing Desa dapat Rp 125 juta, jadi total dua desa itu Rp 250 juta,”ungkap Penanggung Jawab PT KNN dan PT EKU, Alit B dikonfirmasi usai menyerahkan bantuan dana PPM.

PT KNN dan PT EKU tiap tahun menyalurkan bantuan dana untuk BUMDES dengan maksud mendorong kesejahteraan masyarakat desa mulai dari segi ekonomi, kesehatan sampai infrastruktur.

“Tentu kita berharap dengan adanya bantuan program PPM tahap kedua dari PT KNN dan PT EKU ini, usaha masyarakat bisa lebih maju dan berkembang,”ucap Alit B.

Mewakili Kepala Desa Morombo Pantai, Ketua BPD Desa Morombo Pantai Apriyanto, secara resmi menerima bantuan tersebut senilai Rp 125 juta tunai.

Atas nama pemerintah desa dan mewakili masyarakat, ia mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada PT KNN dan PT EKU yang menunjukkan tanggung jawab, komitmen, dan kepeduliannya terhadap masyarakat, khususnya di Desa Morombo Pantai yang masuk wilayah lingkar tambang.

“Alhamdulillah mewakili pemerintah desa, kami turut bahagia atas bantuan untuk program pemberdayaan masyarakat yang diberikan. Ini akan kami gunakan untuk kepentingan masyarakat, salah satunya peningkatan UMKM agar bisa lebih menunjang kehidupan masyarakat,”kata Apriyanto.

“Sudah dua tahun kami terima bantuan PPM untuk BUMDES ini. Untuk PT KNN dan PT EKU sekali lagi kami terima kasih banyak, dan berbahagia Kehadiran perusahaan ini kami bersyukur bisa beraktivitas di wilayah kami. Dampaknya sangat positif, sangat membantu,”jelasnya.

Senada dengan Sekertaris Desa Morombo, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Sashudin. Usai menerima bantuan program PPM untuk BUMDES senilai Rp 12 juta ia mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih.

Dikatakan Sashudin, dengan adanya Program PPM bantuan ke bumdes, ekonomi masyarakat sangat terbantu.

“Sangat luar biasa. Masyarakat sangat merasakan nilai positifnya dari aktivitas PT KNN dan PT EKU di wilayah Morombo. Kami harap PT KNN dan PT EKU terus berjalan lancar karena memiliki manfaat,”harapnya.

“Untuk bantuannya, Kita akan gunakan untuk proses peningkatan UMKM masyarakat, dan kesehatan. Sekali lagi masyarakat sangat berterima kasih,”tutupnya.***

Laporan: Reza

error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!